Sabtu, 06 Agustus 2011

Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar SMA

PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS X SMA NEGERI 9 MAKASSAR



KARYA ILMIAH

Diajukan untuk menyelesaikan tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan sebagai syarat kelengkapan tugas akhir semester II


Oleh

Nama               :           NUR HIDAYANI
Kelas               :           XI IPA 1
NIS                 :           296 198



SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9
Jl. Karunrung Raya No.37 Telp (0411) 882109
MAKASSAR
2011




HALAMAN PENGESAHAN


Judul             :         Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar
Nama            :         NUR HIDAYANI
Kelas            :         XI IPA 1
NIS               :         296 198

Telah dibaca dan disetujui pada            2011

oleh
                                                                                                Pembimbing,


                                                                                             Isyatur Radhian Artjas,S.Pd
                                                                                                          NIP:19710127 200801 2 007  




ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tanggapan siswa-siswi mengenai penggunaan handphone di dalam lingkungan SMA Negeri 9 Makassar khususnya kelas X dan untuk mengetahui pemahaman siswa-siswi terhadap penggunaan handphone di dalam lingkungan SMA Negeri 9 Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel dan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Mengingat jumlah populasi dalam penelitian ini cukup besar maka penulis menarik sampel dari siswa kelas X yang terdiri dari 10 orang perwakilan dari setiap kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa handphone cukup menunjang  terhadap prestasi
belajar siswa,hal ini terjadi tidak terlepas dari berbagai pengaruh positif penggunaan handphone yang dapat di manfaatkan dengan baik oleh siswa-siswi  SMA Negeri 9 Makassar,namun pengaruh negatif juga terjadi pada beberapa siswa-siswi seperti penggunaan handphone pada saat jam pelajaran yang juga dapat mengganggu konsentrasi siswa-siswi,kemudian beberapa siswa-siswi yang juga menyimpan video porno yang juga dapat merusak karakter dan aqidah siswa-siswi.
Oleh karena itu, dengan memberikan gambaran Pengaruh Penggunaan  Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA NEGERI 9 MAKASSAR  penulis berharap seluruh siswa dan guru dapat mengetahui pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar siswa






DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL.....................................................................................                        i
HALAMAN PENGESAHAN.......................................................................                        ii
ABSTRAK.....................................................................................................                        iii
KATA PENGANTAR...................................................................................                        iv
DAFTAR ISI.................................................................................................                         vi

BAB  I PENDAHULUAN
                A.            Latar Belakang.............................................................................             1         
                B.            Rumusan Masalah........................................................................             2
                C.            Tujuan Penelitian.........................................................................              3
                D.            Manfaat Penelitian.......................................................................             3

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.           Deskripsi Umum.……………............................................................     4                 

BAB III METODE PENELITIAN
                A.            Jenis Peneltian...............................................................................            9
                 B.            Populasi dan Sampel………….................................................... .           9
                 C.            Pengumpulan Data........................................................................            10

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
                A.            Hasil Penelitian…………………………………………………..           11
                 B.            Pembahasan....................................................................................          15


BAB V PENUTUP
              5.1            Kesimpulan....................................................................................           20
              5.2            Saran..............................................................................................           20


DAFTAR PUSTAKA......................................................................................          21
LAMPIRAN....................................................................................................           22







BAB I

PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Suatu titik terang yang bermula pada suatu kesederhanaan pada kehidupan manusia, telah menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan yang bernama TEKNOLOGI. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.
Awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi teknologi. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan dibahas yaitu mengenai telepon genggam yang lebih dikenal dengan sebutan handphone.
Beberapa tahun yang lalu handphone hanya dimiliki oleh kalangan pembisnis yang memang benar-benar membutuhkan itu untuk kelancaran pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Termasuk pelajar perkembangan teknologi semakin memasyarakat dikalangan pelajar. kini handphone (Hp) adalah sakunya seorang pelajar,hampir semua anak didik mengantongi handphone. Hal ini merupakan kebanggan bagi Orang tua, karena mempunyai anak yang tidak ketinggalan zaman. Orang tua menyadari akan pentingnya handphone bagi anaknya dengan berbagai alasan, namun Orang tua tidak menyadari bahwa disamping itu handphone juga mempunyai dampak negatif.
Tantangan dunia pendidikan adalah etika, etika moral seorang siswa, hal ini tercermin dari ditemukannya beberapa handphone siswa yang berisikan video porno, hal ini menunjukkan kurangnya kesadaran siswa akan moral. Kini dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik dan video. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi.Namun terkadang juga handphone dapat mengganggu atau memiliki beberapa hal negatif diantaranya tempat untuk menyimpan gambar-gambar porno,atau menggunakan handphone saat tengah diadakan proses belajar yang dapat mengganggu siswa atau perhatian dan minat mereka dalam belajar menjadi berkurang di karenakan mereka lebih sibuk untuk saling berkiriman pesan.
B.      Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dapat di ambil dari latar belakang di atas yaitu Bagaimana pengaruh penggunaan handphone dalam  meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar?

C.     Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas tujuan penelitian dalam penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone dalam  meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar
D. Manfaat Penelitian
      Adapun manfaat penelitian yang ingin di capai dalam penulisan karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1.      Agar penulis dapat mengembangkan pengetahuannya dalam penulisan karya tulis ilmiah.
2.      Agar pembaca dapat mengetahui pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar siswa.







BAB II

KAJIAN PUSTAKA
Dekskripsi umum
1.         Handphone
Handphone adalah salah satu alat telekomunikasi yang didalamnya terdapat fasilitas seperti ; SMS, MP3, Video , Kamera, Record sehingga handphone menjadi alat multimedia
2.          Belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku setelah terjadinya interaksi dengan sumber belajar. Sumber belajar ini termasuk buku, guru, atau sesame teman. Yang dimaksud dengan perubahan sikap disini, apabila sseorang yang semula tidak tahu , maka setelah mempelajari sesuatu ia akan berubah menjadi tahu yang selanjutnya akan terjadi perubahan tingkah laku.
Keberhasilan atau kegagalan seseorang siswa menunjukkan prestasi belajar yang dicapai, sedangkan kecerdasan seseorang akan mempengaruhi prestasi belajar.
3.         Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan / keterampilan yang dikembangkan dengan nilai tes (nilai/angka) yang diberikan oleh guru / pendidik. Dengan demikian, jika peran serta orang tua tinggi diharapkan tingkat prestasi peserta didik juga tinggi.
Handphone teknologi ini mulai digunakan tahun 1970 yang diawali dengan penggunaan mikroprosesor untuk teknologi komunikasi. Dan pada tahun 1971, jaringan handphone pertama dibuka di Finlandia bernama ARP. Menyusul kemudian NMT di Skandinavia pada tahun 1981 dan AMPS pada tahun 1983. Penggunaan teknologi analog pada generasi pertama menyebabkan banyak keterbatasan yang dimiliki seperti kapasitas trafik yang kecil, jumlah pelanggan yang dapat ditampung dalam satu sel sedikit, dan penggunaan spektrum frekuensi yang boros.
 Di sisi lain, meningkatnya jumlah pelanggan tidak bisa ditampung generasi pertama. Selain itu, teknologi 1G hanya bisa melayani komunikasi suara, tidak seperti 2G yang bisa digunakan untuk SMS. NMT atau Nordic Mobile Telephone adalah jaringan handphone analog yang pertama kali digunakan secara internasional di Eropa Utara. Jaringan ini beroperasi pada frekuensi 450 MHz sehingga sering disebut NMT-450, ada juga NMT-900 yang beroperasi pada frekuensi 900 MHz.
Mengingat tuntutan pasar dan kebutuhan akan kualitas yang semakin baik, lahirlah teknologi generasi ke dua atau 2G. Generasi ini sudah menggunakan teknologi digital. Teknologi 2G lainnya adalah IS-95 CDMA, IS-136 TDMA dan PDC. Generasi kedua selain digunakan untuk komunikasi suara, juga bisa untuk SMS dan transfer data dengan kecepatan maksimal 9.600 bps (bit per second). Sebagai perbandingan, modem yang banyak digunakan untuk koneksi internet berkecepatan 56.000 bps (5,6 kbps). Kelebihan 2G dibanding 1G selain layanan yang lebih baik, dari segi kapasitas juga lebih besar. Karena pada 2G, satu frekuensi bisa digunakan beberapa pelanggan dengan menggunakan mekanisme Time Division Multiple Access (TDMA).
Standar teknologi 2G yang paling banyak digunakan saat ini adalah GSM (Global System for Mobile Communication), seperti yang dipakai sebagian besar handphone saat ini. GSM beroperasi pada frekuensi 900, 1800 dan 1900 MHz. GSM juga mendukung komunikasi data berkecepatan 14,4 kbps.
Sejarah GSM diawali dengan diadakannya konferensi pos dan telegraf di Eropa pada tahun 1982. Konferensi ini membentuk suatu study group yang bernama Groupe Special Mobile (GSM) untuk mempelajari dan mengembangkan sistem komunikasi publik di Eropa. Pada tahun 1989, tugas ini diserahkan kepada European Telecommunication Standards Institute (ETSI) dan GSM fase I diluncurkan pada pertengahan 1991.
Pada tahun 1993, sudah ada 36 jaringan GSM di 22 negara. Keunikan GSM dibanding generasi pertama adalah layanan SMS. SMS atau Short Message Service adalah layanan dua arah untuk mengirim pesan pendek sebanyak 160 karakter. GSM yang saat ini digunakan sudah memasuki fase 2.
Setelah 2G, lahirlah generasi 2,5 G yang merupakan versi lebih baik dari generasi kedua. Generasi 2,5 ini mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat. Yang terkenal dari generasi ini adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE.
Baru-baru ini, tren komunikasi seluler mulai beralih kepada generasi berikutnya yang diprediksikan akan menjadi teknologi komunikasi seluler yang menjanjikan. Generasi 3 atau 3G merupakan teknologi terbaru dalam dunia seluler. Generasi ini lebih dikenal dengan sebutan UMTS (Universal Mobile Telecommunication System) atau WCDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access). Kelebihan generasi terbaru ini terletak pada kecepatan transfer data yang mencapai 384 kbps di luar ruangan dan 2 Mbps untuk aplikasi indoor.
Selain itu, generasi ini dapat menyediakan layanan multimedia seperti internet, video streaming, video telephony, dan lain-lain dengan lebih baik. Generasi ketiga ini menggunakan teknologi CDMA yang awalnya muncul dari teknologi militer Amerika Serikat dan dikhususkan pada standar IS-95. Beberapa paten pada jaringan-jaringan yang ada sekarang yang berbasis pada teknologi CDMA dimiliki Qualcomm Inc., sehingga pembuat peralatan membayar royalti.
Teknologi CDMA membuat kapasitas suatu sel menjadi lebih besar dibanding sistem GSM karena pada sistem CDMA, setiap panggilan komunikasi memiliki kode-kode tertentu sehingga memungkinkan banyak pelanggan menggunakan sumber radio yang sama tanpa terjadinya gangguan interferensi dan cross talk. Sumber radio dalam hal ini adalah frekuensi dan time slot yang disediakan untuk tiap sel.
Sistem komunikasi wireless berbasis CDMA pertama kali digunakan pada tahun 1995 dan sampai sekarang, CDMA merupakan saingan utama dari sistem GSM di banyak negara. Pada tahun 1999, the International Telecommunication Union (ITU) memilih CDMA sebagai standar teknologi untuk generasi ketiga (3G). Varian CDMA yang banyak digunakan adalah WCDMA dan TD-SCDMA.
Pada bulan Mei 2001 sudah terdapat 35 juta pelanggan CDMA di seluruh dunia. Dan pada tahun 2003, terdapat 100 juta pelanggan yang menggunakan CDMA di seluruh dunia. Kelebihan utama yang dimiliki generasi ketiga adalah kemampuan transfer data yang cepat atau memiliki bit rate yang tinggi.
Tingginya bit rate yang dimiliki menyebabkan banyak operator CDMA dapat menyediakan berbagai aplikasi multimedia yang lebih baik dan bervariasi, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Bayangkan saja, hanya dengan sebuah handphone, kita memiliki fasilitas kamera, video, komputer, stereo dan radio. Selain itu, berbagai fasilitas hiburan pun bisa dinikmati seperti video klip, keadaan lalu lintas secara real time, teleconference, bahkan sekadar memesan tempat di restoran, cukup dengan menekan tombol di handphone.
Ketika kita duduk di rumah pun, kita masih bisa melakukan berbagai hal tanpa harus keluar ruangan, seperti mencek saldo bank, membayar SPP untuk kuliah anak-anak, memesan makanan dan lain-lain.
Dalam jangka panjang, CDMA dan teknologi-teknologi lainnya seperti GSM akan dibandingkan berdasarkan pada biaya total per pelanggan dari jaringan infrastruktur dan harga pesawat telefon.Dengan 3G, komunikasi murah dan berkualitas bukan impian belaka.








BAB III

METODOLOGI PENELITIAN
A.     JENIS PENELITIAN
Mengetahui bagaimana tanggapan siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar dengan melakukan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang cenderung menggambarkan apa suatu fenomena apa adanya dengan cara menelaah secara teratur, mengutamakan obyektifitas, dan dilakukan secara cerma. Salah satu bentuk penelitian deskriptif adalah metode survei (angket), bentuk peneltian pengumpulan data yang relative terbatas dari kasus-kasus yang relative besar jumlahnya. Menjalankan metode survey boleh berupa penyebaran angket, yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang variabel. Angket berisi pertanyaan-pertanyaan tentang rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian. Survei di lakukan kepada minimal 30% dari jumlah populasi. Penelitian deskriptif juga dapat dikembangkan ke arah penelitian  naturalistic yang menggunakan kasus spesifik melalui deskriptif mendalam atau dengan penelitian setting alami fenomenologis.
B.     POPULASI DAN SAMPEL
1.      Populasi
Dalam penelitian ini populasinya dalah siswa-siswi kelas X SMA Negeri 9 Makassar

2.      Sampel
Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 10 siswa perwakilan setiap kelas dengan objek penelitiannya adalah latar belakang pengaruh penggunaan handphone terhadap kepribadian dengan prestasi belajar siswa.
C.     PENGUMPULAN DATA
Cara pengambilan data untuk memperoleh tujuan dari penelitian ini adalah dengan cara penyebaran angket kepada sampel  yang disebar ke 60 siswa/siswi kelas X SMAN 9 Makassar. (angket terlampir)












BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut:
1.      Menurut anda, apakah Handphone merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi ?
Dari hasil penelitian diperoleh jawaban sebagai berikut:
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
41
68%
Tidak
18
30%
Tidak menjawab
1
2%
Jumlah
60
100%
Tabel 4.1. Frekuensi Handphone merupakan kebutuhan yang harus terpenuhikilan setiap kelas
2.      Apakah Orang tua anda mengizinkan anda menggunakan Handphone di sekolah?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
45
75%
Tidak
13
22%
Tidak menjawab
2
3%
Jumlah
60
100%
Tabel 4.2. Frekuensi orang tua yang mengizinkan penggunaan handphone di sekolah
3.      Apakah pada saat belajar di rumah handphone anda di Nonaktifkan?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
16
26%
Tidak
43
72%
Tidak menjawab
1
2%
Jumlah
60
100%
Tabel 4.3. Penonaktifan handphone saat belajar di rumah
4.      Apakah anda sering menggunakan handphone pada saat jam pelajaran di sekolah?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
21
35%
Tidak
34
57%
Tidak menjawab
3
5%
Kadang-kadang
2
3
Jumlah
60
100%
Tabel 4.4. Penggunaan handphone saat jam pelajaran
5.      Apakah penggunaan handphone membuat anda merasa malas belajar?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
21
35%
Tidak
37
62%
Tidak menjawab
2
3%
Jumlah
60
100%
        dak  dengan adanya larangan membawa handphone ke sekolah dan nggunakan handphone.seperti menonaktifkannya saat belajar dan 4.5. Hubungan penggunaan handphone dengan rasa malas belajar
6.      Apakah anda merasa adanya pengaruh positif setelah menggunakan handphone ?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
49
82%
Tidak
9
15%
Tidak menjawab
2
3%
Jumlah
60
100%
      Tabel 4.6. Pengaruh positif penggunaan handphone
7.      Apakah anda pernah merasa adanya pengaruh negatif dalam penggunaan handphone?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
40
67%
Tidak
18
30%
Tidak menjawab
2
3%
Jumlah
60
100%
                 Tabel 4.7. Pengaruh negatif penggunaan handphone
8.      Apakah waktu belajar anda lebih banyak dibandingkan dengan memainkan Handphone?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
23
38%
Tidak
36
60%
Tidak menjawab
1
2%
Jumlah
60
100%
    Tabel 4.8. Perbandingan waktu belajar dan memainkan handphone
9.      Apakah handphone merupakan salah satu alat motivasi belajar anda?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
34
57%
Tidak
25
41%
Tidak menjawab
1
2%
Jumlah
60
100%
    Tabel 4.9. Handphone sebagai salah satu motivasi belajar
10.  Menurut anda, apakah ada cara yang efektif untuk mengurangi kebiasaan menggunakan handphone?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
42
70%
Tidak
14
23%
Tidak menjawab
4
7%
Jumlah
60
100%
                 Tabel 4.10. Cara efektif untuk mengurangi kebiasaan menggunakan               
                                     handphone
11.  setujukah anda dengan adanya larangan membawa handphone ke sekolah ?
Jawaban
Jumlah (Frekuensi)
Persentase
Ya
14
23%
Tidak
45
75%
Tidak menjawab
1
2%
Jumlah
60
100%
Tabel 4.11. Larangan membawa handphone ke sekolah

B.     Pembahasan
1.      Handphone sebagai kebutuhan
Dari data hasil penelitian pada soal No. 1, yaitu mengenai handphone merupakan kebutuhan.Hasil dari data tersebut menunjukkan bahwa 68% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR  yang setuju bahwa handphone merupakan suatu kebutuhan yang harus terpenuhi sedangkan  30 % siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR  yang setuju bahwa handphone merupakan suatu kebutuhan yang tidak harus terpenuhi.hal ini menunjukkan bahwa handphone juga merupakan salah satu hal yang sangat di butuhkan.

2.      Izin penggunaan handphone dari orang tua di sekolah
Dari data hasil penelitian pada soal No. 2, yaitu mengenai Izin penggunaan handphone dari orang tua di sekolah dari data diperoleh bahwa 75% dari orang tua siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR  mengizinkan penggunaan handphone di sekolah dan 22% orangtua siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR  tidak mengizinkan penggunaan handphone di sekolah.yang menunjukkan bahwa sebagian orang tua menginginkan anaknya lebih serius belajar karena sebagian anak kadang lebih memilih memainkan handphone di bandingkan memperhatikan guru yang sedang mengajar.

3.      Penonaktifan handphone saat belajar di rumah
Dari data hasil penelitian pada soal No. 3, yaitu mengenai penonaktifan handphone saat belajar di rumah dari data di peroleh bahwa 26%  siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR  menonaktifkan handphone mereka saat belajar di sekolah dan 72% siswa /siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR  tidak menonaktifkan handphone mereka saat sedang belajar.ini menunjukkan kurangnya siswa 

4.      Penggunaan handphone saat jam pelajaran
Dari data hasil penelitian pada soal No. 4, yaitu mengenai Penggunaan handphone saat jam pelajaran,menunjukkan bahwa 35% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR sering menggunakan handphone saat jam pelajaran dan 57% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR tidak menggunakan handphone saat jam pelajaran,serta 3% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR kadang  menggunakan handphone saat jam pelajaran,hal ini menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR juga lebih memilih memperhatikan guru yang sedang mengajar di bandingkan memainkan handphone

5.      Hubungan penggunaan handphone dengan rasa malas belajar
Dari data hasil penelitian pada soal No. 5, yaitu mengenai Hubungan penggunaan handphone dengan rasa malas belajar,sebanyak 35 % siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR merasa malas belajar karena menggunakan handphone dan 62 % siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR tidak merasa malas belajar ketika menggunakan handphone.


6.      Pengaruh positif penggunaan handphone
Dari data hasil penelitian pada soal No. 6, yaitu mengenai Pengaruh positif penggunaan handphone,bahwa 82% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR merasa bahwa handphone memiliki dampak yang positif bagi mereka dan5% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR merasa handphone tidak memiliki dampak positif bagi mereka,hal ini menunjukkan bahwa handphone memiliki plus minus dalam penggunaan misalnya saja dampak positif yang di dapatkan bahwa dengan menggunakan handphone beberapa siswa dapat menyelesaikan tugas mereka baik melalui bertukar pendapat melalui pesan singkat bersama teman ataupun membuka beberapa aplikasi internet yang terkadang tersedia di handphone seperti misalnya google yang menyimpan banyak informasi yang dapat membantu para siswa dalam menyelesaikan tugas mereka.

7.      Pengaruh negatif penggunaan handphone
Dari data hasil penelitian pada soal No. 7, yaitu mengenai Pengaruh negatif penggunaan handphone,bahwa 67 % siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR merasa handphone memiliki dampak negatif dan 30 % siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR merasa handphone tidak memiliki dampak negatif. hal ini menunjukkan bahwa handphone memiliki plus minus dalam penggunaan misalnya saja beberapa siswa malas belajar ketika menggunakan handphone,dan juga handphone merupakan alat beberapa siswa untuk menyimpan gambar-gambar porno di handphone mereka.
8.      Perbandingan waktu belajar dan memainkan handphone
Dari data hasil penelitian pada soal No. 8, yaitu mengenai Perbandingan waktu belajar siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR dan waktu memainkan handphone,bahwa 38% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR waktu belajar mereka lebih banyak di bandingkan memainkan handphone sedangkan 60% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR waktu belajar mereka kurang di bandingkan waktu mereka memainkan handphone,hal ini menunjukkan saat menggunakan handphone minat belajar siswa kurang di bandingkan saat tidak menggunakan handphone

9.      Handphone sebagai salah satu motivasi belajar
Dari data hasil penelitian pada soal No.9, yaitu mengenai Handphone sebagai salah satu motivasi belajar, Hasil dari data tersebut menunjukkan bahwa 57% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR mengungkapkan bahwa handphone juga merupakan salah satu alat motivasi belajar mereka.sedangkan 41 % siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR mengungkapkan bahwa handphone bukan alat motivasi beajar mereka.

10.  Cara efektif untuk mengurangi kebiasaan menggunakan handphone
Dari data hasil penelitian pada soal No. 10, yaitu mengenai Cara efektif untuk mengurangi kebiasaan menggunakan handphone,bahwa 70% siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk mengurangi kebiasaan menggunakan handphone.seperti menonaktifkannya saat belajar dan kembali mengaktifkannya ketika sedang istirahat dan pulang.dan 23% siswa mengatakan bahwa tidak ada cara untuk mengurangi kebiasaan mereka menggunakan handphone.

11.  Larangan membawa handphone ke sekolah
Dari data hasil penelitian pada soal No. 11, yaitu mengenai Larangan membawa handphone ke sekolah,bahwa 23 % siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR setuju dengan adanya larangan membawa handphone ke sekolah dan 75 % siswa/siswi SMA NEGERI 9 MAKASSAR tidak  setuju dengan adanya larangan membawa handphone ke sekolah.










BAB V

PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Berdasarkan hasil penelitian penulis dengan menggunakan teknik kajian kepustakaan, maupun kegiatan lapangan yang meliputi kuisioner dan pengamatan secara langsung maka didapatkan kesimpulan yaitu siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar berpendapat bahwa Handphone cukup menunjang  terhadap prestasi belajar siswa.

B.     Saran
Sehubungan dengan masalah yang dikemukakan dalam karya ilmiah ini, maka penulis menyarankan sebagai berikut :
Perlunya peningkatan peraturan sekolah mengenai penggunaan handphone di area sekolah khususnya di dalam kelas karena sangat berpengaruh terhadap karakter siswa dan aqidah siswa serta prestasi belajar siswa.




DAFTAR PUSTAKA















LAMPIRAN
ANGKET
Judul Penelitian “Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar “
Nama Responden        :
Kelas                           :
Handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa keman-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. Alat ini di gunakan untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik dan video.
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang di pilih!
1.      Menurut anda, apakah Handphone merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi ?
a.Ya
b.Tidak
2.      Apakah Orang tua anda mengizinkan anda menggunakan Handphone di sekolah?
a.Ya
b.Tidak
3.      Apakah pada saat belajar di rumah handphone anda di Nonaktifkan?
a.Ya
b.Tidak
4.      Apakah anda sering menggunakan handphone pada saat jam pelajaran di sekolah?
a.Ya
b.Tidak
5.      Apakah penggunaan handphone membuat anda merasa malas belajar?
a.Ya
b.Tidak
6.      Apakah anda merasa adanya pengaruh positif setelah menggunakan handphone ?
a.Ya
b.Tidak
Seperti…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


7.      Apakah anda pernah merasa adanya pengaruh negatif dalam penggunaan handphone?
a.Ya
b.Tidak
Seperti…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8.      Apakah waktu belajar anda lebih banyak dibandingkan dengan memainkan Handphone?
a.Ya
b.Tidak
9.      Apakah handphone merupakan salah satu alat motivasi belajar anda?
a.Ya
b.Tidak
Karena…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
10.   Menurut anda, apakah ada cara yang efektif untuk mengurangi kebiasaan menggunakan handphone?
a. Ya
b.Tidak
Misalnya.…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
11.  setujukah anda dengan adanya larangan membawa handphone ke sekolah ?
a.Ya
b.Tidak
karena…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………










3 komentar:

  1. salam kenal, saya sedang mencari artikel" seperti ini untuk penelitian skripsi saya.. jika anda tidak keberatan saya minta softcopynya ya mbak untuk dikirim ke email saya ephie.jeyect@gmail.com treima kasih banyak :) keep posting..

    BalasHapus
  2. salam, taufiq
    numpang minta Softcopynya mbak bukan bahan Skripsi saya terima,

    BalasHapus
  3. assalam..
    kak, itu daftar pustakanya cuman 1 yah?
    karna saya lagi cari literaturnya,
    terima kasih :)

    BalasHapus